Pembinaan Oleh Kasubdit Kurikulum dan Sarana Kemenag RI di MTsN 2 Kendal, Kamis 19 Januari 2023
mtsn2kendal_news, (19/01/2023) MTsN 2 Kendal mendapatkan kunjungan dari Kepala Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. Suwardi, M. Pd. yang didampingi H. JUAIR, S.Ag, M.M, M.Si, dan H. Muhammad Muslikhan, S.Ag disambut oleh Kepala Madrasah, Bapak H. Fathudin, S.Ag., M.Pd. beserta seluruh guru dan pegawai MTsN 2 Kendal. Kedatangan beliau dalam rangka memberikan arahan tentang program Madrasah dengan mengambil tema Pembinaan Pendidik bagaimana membranding madrasah khususnya MTsN 2 Kendal Tahun 2023, yang dilaksanakan pada, Kamis 19 Januari 2023 bertempat di Ruang Multimedia/ ruang Digital MTsN 2 Kendal.
Para guru dan pegawai sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena cara penyampaiannya sangat komunikatif dengan diselingi dengan pertanyaan pertanyaan yang menggelitik dan mampu memotivasi audien. Hal itu sangat menginspirasi para guru dan pegawai.
Dalam arahannya Dr. H. Suwardi, M. Pd. Berpesan, “Kalau mau maju, mengelola madrasah itu ibarat mengelola rumah makan harus berani melakukan terobosan-terobosan dalam mengembangkan madrasahnya, misalnya menyediakan menu yang di madrasah lain tidak ada (kelas seni), kelas olahraga, kelas tahfid, kelas science, kelas olahraga dengan mengelompokkan kelas siswa sesuai dengan bakat dan minat siswa. Ini sesuai dengan multipel intelegent yang dikemukakan oleh Howard Gardner. Kemudian sangat bagus jika diikuti modifikasi metode, strategi pembelajaran disesuaikan dengan kondisi siswa yang sudah dikelompokkan. Hal itu diijinkan bahkan sangat dianjurkan oleh aturan kebijakan yang ada di kementerian. Seorang guru madrasah harus selalu melakukan inovasi dan sabar dalam melaksanakan tugasnya. Dengan didukung saling mendoakan insya Alloh akan terbentuk lingkungan pendidikan yang kondusif dan ideal, dalam menggali dan mengembangkan potensi siswanya. yang kedua harga terjangkau/ murah, pelayanan terhadap siswa, orang tua dan masyarakat cepat, tepat dan akurat serta madrasah harus bersih dan nyaman. Kalau semua iti bisa dilaksanakan maka madrasah akan menjadi unggulan dan pilihan utama masyarakat", ungkapnya.
Konsep madrasah digital yaitu memberi pelayanan secara cepat, tepat dan akurat, disamping juga ketika memberi pelayanan harus berpedoman pada 5S( Senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Itu semua tidak hanya sebatas tulisan yang tertempel didinding dinding atau slogan tetapi harus bisa di internalisasi pada diri semua warga madrasah. Jangan sampai guru guru di pagi hari berwajah cemberut,tetapi harus bisa nguyu. Tujuan akhir adalah menjadikan siswa berakhaqul karimah, akhlaq mulia, menjadi anak sholeh yang baik dan bermanfaat bagi sesama.
Seorang guru jangan mengejar kurikulum, karena kehadiran guru tidak dapat digantikan oleh teknologi apapun, maka kegiatan tatap muka untuk memberi motivasi yang berkaitan akhlaq mulia. Strategi pembelajaran maskini menjadi spirit bagi guru untuk memberikan pengalaman belajar untuk siswa.
Juga guru atau madrasah diberi kewenangan untuk mengatur, merumuskan, mengembangkan kurikulum operasiona madrasah/ KTSP atau dokumen1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan( KTSP)/Kurikulum Operasional Madrasah/ Dokumen 1 yang dirancang dan digunakan madrasah disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan madrasah serta disesuaikan dengan situasi, kondisi, sarana serta prasarana. dan yang terakhir semua guru dan pegawai harus fokus dan totalitas sesuai bidang tugasnya masing-masing. Dilanjutkan foto bersama-sama